Agar Puasa Berbuah Takwa

Posted by Heni cliquers Minggu, 12 Agustus 2012 0 komentar

Republika – Sel, 24 Jul 2012
Allah SWT menegaskan dalam Alquran bahwa buah utama ibadah puasa adalah takwa. Takwa dalam arti mampu menunaikan perintah- perintah Allah SWT dan selalu berusaha sejauh mungkin menjauhi larangan-larangan-Nya.
Ibadah puasa mampu menghancurkan syahwat dan mengendalikan hawa nafsu. Pengendalian diri merupakan salah satu ciri utama bagi jiwa yang sehat yang sedang berpuasa.
Namun, betapa banyak orang yang puasanya sia-sia. Kata Nabi, mereka itu hanya mendapatkan lapar dan haus saja. Penyebabnya adalah mereka berbuat maksiat, baik di pagi hari, siang hari, maupun malam hari.
Kemaksiatan tersebut dilaksanakan secara sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan tanpa rasa malu dan dilakukan penuh kebanggaan. Atau, ibadah puasa itu jadi kurang bernilai lantaran dikotori oleh praktik-praktik yang tidak sesuai dengan tujuan utama ibadah puasa. Misalnya, berlebihan dalam hal makanan, minuman, dan sebagainya.
Karena itu, sangat penting berpuasa dengan cara mencontoh Rasulullah SAW agar jangan sampai puasa kita menjadi sia-sia. Buku yang ditulis oleh Muhammad Ridho Al-Thurisinai ini membahas praktik berpuasa sesuai yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW.
Penulis memulai bukunya dengan sebuah sapaan kepada kaum Muslimin dan mengingatkan betapa banyaknya fenomena negatif yang dilakukan kaum Muslimin pada saat menjelang dan selama Ramadhan. Kemudian penulis mengemukakan kegembiraan menyambut Ramadhan. Terdiri dari pesona Ramadhan, menu-menu spesial menyambut Ramadhan, psikologi Ramadhan, dan psikologi puasa.
Setelah itu, penulis membahas fikih puasa sehingga dapat menjadi landasan yang menguatkan bagi kaum Muslimin dalam menegakkan ibadah puasa. Pada bab berikutnya penulis menyajikan prinsip-prinsip agar puasa diterima di sisi Allah. Intinya ikhlas karena Allah dan mengikuti tuntunan Rasulullah SAW (hlm 56).
Bab-bab berikutnya tidak kalah menariknya, yakni terapi puasa untuk menyucikan jiwa, amalan-amalan takwa di bulan Ramadhan dan puasa sunah. Buku ini merupakan bekal yang sangat penting dibaca menyambut hadirnya bulan suci Ramadhan.
Judul buku   : Buka Puasa Bersama Rasulullah SAW
Penulis         : Muhammad Ridho al-Thurisinai
Penerbit       : Akbar Media
Tebal             : xiv+174 hlm

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Agar Puasa Berbuah Takwa
Ditulis oleh Heni cliquers
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://heni-cliquers.blogspot.com/2012/08/agar-puasa-berbuah-takwa.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

heni cliquers's Blog support - Original design by | heni cliquers.