Sukses UNGU, buah manis perjalanan 10 Tahun

Posted by Heni cliquers Sabtu, 06 Oktober 2012 1 komentar

Jika mendengar nama”UNGU” yang terlintas di kepala adalah lagu”DEMI WAKTU”. Yang kemudian di lakukan adalah mendengarkannya meski hanya dalam hati. Seperti banyak diakui banyak pecinta musik di tanah air “DEMI WAKTU” adalah tiket UNGU mencapai sukses. Debut single di album melayang ini benar-benar mengerek nama UNGU ke puncak popularitas.
Setelah 10 tahun malang melintang di kancah musik nasional. Ungu akhirnya berhasil mendapat tempat. Tak sampai sebulan rilis, melayang sudah lego 100 ribu keping produk rekam. Dan menginjak bulan kedua, Ungu menyabet Platinum Awards dari Trinity Optima Production, Bahkan lagu “DEMI WAKTU” menjadi high-requested song untuk ring back tone di semua provider telepon seluler.
Saat ini siapa yang tak kenal dengan nama Pasha, Makki, Enda, Rowman, dan Oncy. Mereka termasuk barisan orang-orang super sibuk dengan jadwal show yang amat padat.
Seperti yang di akui para awaknya, kelompok Ungu terbentuk dengan sendirinya tahun 1996. Diawali dengan pertemanan beberapa personil band berbeda yang kerap saat latihan di salah satu studio kawasan tebet. “Kami akhirnya sering nge-jamm bareng”. Aku makki. Konsep main nareng ini juga tidak hanya di terapkan di studio tapi juga di bawa ke panggung-panggung kecil sampai ke acara pensi sekolah-sekolah di sekitar tebet. Bisa di bilang baru pada tahun 2000 Ungu punya personil tetap, yaitu Pasha, Enda, Makki, dan Rpwman. Sementara Oncy baru bergabung dengan ungu setelah album pertama dirilis di tahun 2002.
Nama UNGU sendiri lahir secara spontan, tanpa rencana dan rekayasa. Menurut pasha dan kawan-kawan nama itu muncul begitu saja ketika suatu saat seorang MC bertanya di sebuah event, Band-nya?
“SPONTAN KITA BILANG UNGU. NAMA ITU SEDERHANA, MUDAH DI INGAT DAN CEPAT MENEMPEL DI OTAK,” KOMENTAR MAKKI.
Namun, apalah arti sebuah nama, Yang jelas kini Enda dan Pasha tak perlu lagi mengamen di jalanan, seperti yang pernah mereka lakukan dulu sebagai perantau di Jakarta setiap kali dompet menipis. Enda yang pernah menjadi teknisi gitaris Ungu pun taK perlu lagi menyesal melepas kesempatan kuliah lewat jalur PMDK karean memilih jadi musisi. Bahkan makki yang lulkusan sekolah manajemen di Indiana university, Amerika Serikat, mensyukuri keputusannya memilih berkiprah di bidang musik ketimbang jadi pegawai kantoran seperti permintaan ayahnya.
Sudah sepantasnya jika UNGU kini menjadi salah satu Band papan atas di belantara musik Indonesia. Sepuluh tahun sudah mereka malang melintang dan harus bekerja keras untuk di akui. Album demo pertama mereka, yang di percayakan kepada anang hermansyah untuk di sampaikan kepada Bapak Handi Santoso dari perusahaan rekaman Hemaswara, hanyalah salah satu cara bagaimana para awak band ini berusaha agar kehadiran mereka bisa di terima publik.
Semangat untuk memiliki album sendiri semakin terpacu ketika mereka diminta untuk mengisi dua buah lagu( Hasrat dan Bunga) dalam album kompilasi klik bersama Lakuna, Borneo, Piknik dan energy. Kemudian lahirlah laguku, album pertama Ungu produksi hemaswara, yang dirilis 6 juli 2002. Meski lagu-lagu seperti bayang semu, jika itu yang terbaik, dan laguku cukup mengigit, namun album pertama Ungu ini belum melejit di pasar musik pop indonesia. Nama besar sawung jabo, yang ikut mengisi string arrangement-nya, pun tak sanggu mendongkrak angka penjualan.
Namun, Ungu tatap terus berkarya. Seperti banyak band lain, Ungu sejak awal selalu membawakan lagu-lagu ciptaan sendiri. Kevetulan pasha dan kawan-kawan bisa dikatakan sangat produktif. Hasilnya adalah album selanjutnya, sophomore-album”Tempat Terindah, yang diluncurkan pada 2003, masih oleh Hemaswara/Musica group. Album ini menorehkan jejak sejarah yang cukup dalam buat UNGU.
Sejak penggarapan album ini, Ungu resmi memiliki anggota baru, yakni Oncy, gitaris yang sebelumnya tergabung dalam Funky Kopral. Video-klip single pertama karena Dia Kamu cukup menarik perhatian. Sejak pembuatannya, video ini berhasil memacetkan kota Jakarta. Betapa tidak, denga kostum gothic-look serba hitam, mereka bermain band di atas truck trailer, di bawah matahari ibu kota yang terik. Tampil sambil menyusuri jalan-jalan utama , sejak jalan thamrin, sudirman, senayan, hingga di depan terminal blok m, membuat banyak warga menengok aksi ungu dan jatuh hati. Lagu lain yang beken dari album ini adalah Suara hati, Rasa sayang, dan Tempat terindah.
Kehadiran Ungu juga tak bisa dipisahkan dari histeria dunia sinetron tanah air. Lagu bayang semu dari album laguku menjadi original sounDtrack(OST) sinetron populer ABG. Sementara lagu jangan siakan di daulat jadi OST sinetron remaja Tanpa saksi mata, yang juga ditayangkan di rcti. Tak hanya itu , Ungu juga mengisi OST Film layar lebar Buruan Ciuman Gue, yang sempat ramai karena di cekal. Sukses lagu Demi Waktu menambah deretan daptar OST Ungu lewat sinetron berjudul sama.
Diakui para awak UNGU , dipakai lagu-lagu mereka menjadi OST dalam berbagai sinetron ikut memebantu memuluskan jalan mereka di dunia musik. Bayang semu, misalnya, yang menjadi OST Sinetron ABG(RCTI) mampu membawa UNGU diawal karirnya berkeliling Indonesia. Sepanjang tahun itu, Ungu tampil di hampir 100 panggung di berbagai kota.
Perjalan panjang terbayar sudah. Walau ini bukan akhir dari kisah UNGU , namun fenomena Demi Waktu menjadi kisah melodrama dari suka duka lemnbaran kisah hidup Pasha dan Kawan-kawan.
“JALAN KAMI MASIH PANJANG. INI BARU AWAL. KAMI NGGAK MAU TERLENA,” TEGAS MAKKI.
“Kami sangat bersyukur bisa mencapai tahap ini. Tapi, jujur aja, demi sebuah waktu kita rela menunda sukses. Kami sangat yakin lagu buatan Enda ini cukup ampuh sebagai single, namun pihak label sempat menunda-nunda merilis album. Alasannya, saatnya belum tepat. Dan ternyata keputusan bersama ini berbuah hasil indah,” kata Pasha yakin.
“YA , DEMI SEBUAH WAKTU UNGU RELA MENUNDA SUKSES,”
Tambah Enda, yang tak dapat menyembunyikan rasa bangga.
sumber: ungu book magazine
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Sukses UNGU, buah manis perjalanan 10 Tahun
Ditulis oleh Heni cliquers
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://heni-cliquers.blogspot.com/2012/10/sukses-ungu-buah-manis-perjalanan-10.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

HAH..Ungu Buah Manis. naon na nu amis na..
Kunjungi (http://blogbulsn8.blogspot.com)

Posting Komentar

heni cliquers's Blog support - Original design by | heni cliquers.