DIAGRAM AKTIVITAS

Posted by Heni cliquers Kamis, 20 Juni 2013 0 komentar

Diagram Aktivitas adalah tipe khusus dari diagram status yang memperlihatkan aliran dari suatu aktivitas ke aktivitas lainnya dalam suatu sistem.diagram ini terutama penting dalam pemodelan fungsi-fungsi suatu sistem dan memberi tekanan pada aliran kendali antar objek.
A.    Aktivitas dan Aksi
Aktivitas merupakan kumpulan aksi-aksi. Aksi-aksi melakukan langkah sekali saja tidak boleh di pecah menjadi beberapa langkah lagi. Contoh aksi yaitu :
·         Fungsi Matematika
·         Pemanggilan Perilaku
·         Pemrosesan Data.

Tiap aktivitas di mulai dengan titik awal(Initial node) dan diakhiri dengan aktivitas titik akhir (Final node).
·         Tepian aktivitas
Tepian aktivitas digambarkan dengan sebuah garis berpanah menuju aksi berikutnya, Nama diletakan dekat panah,meskipun sebagian besar tepian tidak di kasih nama.
·         Aliran Kontrol
UML yang menyediakan tepian aktivitas khusus hanya untuk mengontrol aliran, dinamakan Aliran Kontrol. Aliran ini memodelkan kontrol dari satu aksi ke aksi berikutnya.
·         Aliran Objek
Aliran objek berupa data yang jelas, Aliran ini dimaksudkan untuk mendukung data multicasting, pemilihan token,transformasi token.
·         Konektor
Konektor yaitu untuk menyederhanakan diagram aktivitas yang besar, kita dapat membagi tepiannya.Tiap konektor diberikan nama dan murni sebagai perlengkapan notasi.
B.     Token (Tokens)
Informasi yang bergerak sepanjang tepian diberi istilah dalam UML sebagai token. Token dapat mempresentasikan data real, objek atau fokus suatu kontrol. Masukan dan keluaran suatu aksi merupakan sebuah token.
C.     Titik Aktivitas
UML 2.0 mendefinisikan beberapa tipe titik aktitivitas untuk memodelkan beragam tipe aliran informasi. Istilah yang di jumpai yaitu: titik parameter untuk mempresentasikan data yang dikirimkan ke aktivitas, titik objek untuk mempresentasikan data kompleks, pin digunakan untuk mempersingkat notasi  dan pin sebagai masukan dan keluaran aksi dan titik kontrol untuk mengalirkan secara langsung ke diagram aktivitas.
D.    Titik Kontrol
Titik kontrol terdiri dari : Titik inisial, titik keputusan dan penggabungan dan titik fork –join. Titik inisial sebagai Inisialisasi, Titik keputusan dan pengabungan berbeda dengan fork-join karena data keluar tidak dilakukan sinkronisasi.
E.     Diagram Aktivitas Lanjut
Diagram Aktivitas Lanjut terdiri dari: Partisi aktivitas yaitu untuk memisahkan model yang kita buat dalam jalur horizontal, Penanganan Pengeecualian yaitu mendefinisikan tipe pengecualian dan perilaku untuk eksekusi ketika suatu pengecualian terjadi, Region ekspansi yaitu mengumpulkan aksi-aksi yang dilakukan terhadap kumpulan data input, Lingkar mempunyai tiga subergion yaitu setup, body dan tes, Pancaran yaitu suatu aksi dikatakan memancar jika menghasilkan keluaran ketika sedang memroses masukan.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: DIAGRAM AKTIVITAS
Ditulis oleh Heni cliquers
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://heni-cliquers.blogspot.com/2013/06/diagram-aktivitas.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

heni cliquers's Blog support - Original design by | heni cliquers.