STATECHART DIAGRAM

Posted by Heni cliquers Kamis, 20 Juni 2013 0 komentar

Diagram Statechart dalam UML kadang disebut dengan istilah dengan  state machine. Umumnya digunakan untuk menggambarkan behavior sebuh sistem. Berbagai bentuk state diagram telah ada sejak tahun 1960-an, dan teknik berorintasi objek paling awal yang paling awal mengadopsinya untuk menampilkan behavior.
Sebuah state machine diagram dari kelas kontroler yang mengatur sistem keamanan. State diagram ini di mulai dengan state objek kontroler saat diagramnya di buat. Diagram ini menunujukan bahwa kontroler ini dapat terdiri dari tiga state : tunggu, kunci, dan buka. Diagram ini juga memberi aturan-aturan bagi kontroler untuk berpindah dari state ke state.  Aturan-aturan ini dalam bentuk transisi: garis-garis yang menghubungkan state.
Transisi menunjukan pergerakan dari sebuah state ke state lain. Setiap transisi memiliki sebuah label yang terdiri dari tiga bagian : tigger-signature(penjaga / activity). Biasanya sebuah event tunggal yang memicu perubahan potensial pada state . Merupakan sebuah keadaan boolean, yang halus true supaya terhadi transisi . Activity adalah beberapa behavior yang dieksekusi dalam transisi. Selama transisi ini dapat berupa behavioral. 

Activity internal yaitu state yang dapat berekasi terhadap event tanpa adanya transisi dengan menggunakan aktivitas internal : memasukan event, penjaga, dan activity dalam kotak state itu sendiri.
State Aktivitas yaitu aktivitas yang sedang berlangsung ditandai dengan do/, jadi disebut do activity. Kedua do activity dan aktivitas biasnya melaksanakan beberapa behavior, aktivitas bisa muncul secara instan dan tidak dapat di interupsi oleh event biasa. Sedangkan do-activity dapat dilakukan pada waktu tertentu dan dapat di interupsi .
Superstate merupakan state yang menggunakan transisi dan aktivitas internal yang sama juga dapat mengubahnya menjadi substate dan memindahkan behavior yang digunakan bersama ke dalam sebuah superstate.
Kapan menggunakan state diagram
Penggunaan state diagram hanya pada class-class yang melakukan behavior yang menarik. Dimana dengan membuat state diagram membantu anda memahami apa yang sedang terjadi. Banyak orang melakukan bahwa UI dan objek kontrol memiliki jenis behavior yang berguna untuk digambarkan dengan sebuah state diagram
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: STATECHART DIAGRAM
Ditulis oleh Heni cliquers
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://heni-cliquers.blogspot.com/2013/06/statechart-diagram.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

heni cliquers's Blog support - Original design by | heni cliquers.