Implementasi Hak Akses Security Pada Database SQL Server 2008

Posted by Heni cliquers Rabu, 30 April 2014 0 komentar

A.    Definisi SQL Server
SQL server merupakan database server yang didalamnya menyimpan informasi data berupa database object seperti table, view, store procedure, dan function trigger.
Microsoft SQL Server 2000 adalah perangkat lunak relational database management system (RDBMS) yang didesain untuk melakukan proses manipulasi database berukuran besar dengan berbagai fasilitas. Microsoft SQL Server 2000 merupakan produk andalan Microsoft untuk database server. Kemampuannya dalam manajemen data dan kemudahan dalam pengoperasiannya membuat RDBMS ini menjadi pilihan para database administrator.
B.     TEKNIK SECURITY
1. Login Error.
2. Autoritas atas permission komponen database (table, view, stored procedure, triger dan function (Untuk SQL Server 2000))
Untuk lebih mengintegritaskan interface user permission dengan aplikasi kita, sebenarnya dapat kita tangani dengani memanfaatkan teknik DMO atau NameSpace pada SQL Server Selain teknik pembuatan user, yang perlu kita perhatikan dalam hal security adalah teknik koneksi. Teknik koneksi juga banyak macamnya. Teknik koneksi pertama adalah dengan membuat koneksi untuk sebuah user yang login sampai dia log off, dan membiarkan user login dengan user id dan password yang sama di komputer lain. Teknik ini sangat rawan sekali. Teknik kedua adalah dengan membuat koneksi untuk sebuah user yang login sampai dia log off dan tidak mengijikan user login di komputer lain dengan user id dan password yang sama. Teknik ini lebih bagus dari teknik pertama. Teknik ketiga adalah dengan membuat koneksi untuk sebuah user yang login sampai batas waktu tertentu jika ia tidak beraktifitas di aplikasi tersebut dan atau sampai ia log off, juga tidak mengijikan login di komputer lain dengan user id dan password yang sama dengan cara memutus salah satu koneksinya. Untuk menentukan koneksi mana yang diputus, user ditawari pilihan, ia akan memakai koneksi yang baru dengan memutus yang lama atau dia membatalkan koneksi yang baru dengan membiarkan aktif oneksi yang lamanya. Teknik ini sangat aman, meski agak sulit untuk diterapkan.

CARA MEMBUAT USER DI SQL SERVER
Kita dapat mendefinisikan user-user lain yang akan mengakses database tersebut di SQL Server. Enterprise Manager beserta otoritasnya, seperti Select, Insert, Update, Delete dan Execute. Caramembuat user baru :
1. Buka SQL Server Enterprise Manager
2. Masuk server yang terkonek
3. Pilih Security – Logins.
CARA MEMBUAT ROLES DI SQL SERVER
Roles adalah sebuah group user, yang artinya mengelompokkan beberapa user SQL Server yang mempunyai hak akses sama. Hal ini memberi kemudahan saat beberapa user dalam kelompok tersebut mengalami perubahan hak akses, sehingga kita tinggal merubah hak akses roles-nya maka user-user yang ada dalam roles tersebut akan ikut berubah. STANDARD ROLES Untuk membuat sebuah roles (user group), masuk ke database tertentu lalu pilih roles. Kemudian klik kanan pada window sebelah kanan, pilih New Database Role…
CARA MEMBUAT PERMISSIONS
Untuk membuat permission pada sebuah user atau Roles tertentu anda bisa melakukannya dengan cara masuk ke database dimana user tersebut memiliki hak akses, lalu pilih users, lalu properties. Atau pilih Roles lalu klik properties. Kemudian klik tombol permissions.


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Implementasi Hak Akses Security Pada Database SQL Server 2008
Ditulis oleh Heni cliquers
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://heni-cliquers.blogspot.com/2014/04/implementasi-hak-akses-security-pada.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

heni cliquers's Blog support - Original design by | heni cliquers.